Tuesday, February 19, 2013

Bahan-bahan Kaos

bahan kaos
Contoh Bahan kaos distro

Ada beberapa tipe kain/bahan kaos, hususnya kaos distro. Gw akan share yang sering dipake aja, pertama adalah bahan Cotton Combed, karena bahan ini paling memenuhi standar NYAMAN. Lembut, adem, nyerap keringet, ngga gatel, nyaman dipake. Kaos-kaos distro sering pake bahan ini.

Combed juga ada beberapa tipe, yang kita kenal dengan istilah 20s, 24s, 30s, dll. Arti huruf 's' di belakang angka menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos. 's' adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Tipe 20s selalu kita pake, karena bahan tebel, lentur, lembut, adem, rata-rata customer meminta pake tipe ini.

Pernah kita pake 30s, beberapa dari mereka komplen soalnya tipis, dan mereka berpikir bahan tipis biasanya murah (baca: murahan) sebenernya ngga seperti itu, bahan masih sama tapi ketebalan berbeda. Kesimpulannya, angka makin tinggi maka bahan makin tipis, sekedar info aja, tipe 30s-40s sekarang ini makin ramai dipake.


Dibawah Combed, ada Cotton Carded, (menurut gw) bahan ini kebalikan dari Combed, kurang nyaman dipake, aga kasar, kurang nyerap keringet, aga panas kalo kelamaan dipake. Keunggulan Carded mungkin terletak pada harga, dibanding Combed, Carded lebih murah.

Bahan ini suka dipake buat kaos Partai, mungkin karena untuk bagi-bagi/promosi gratis, intinya ngga rekomendet untuk bahan kaos/clothing kita (misalnya kita mao buka usaha clothing).


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.